19
Jun
10

Apakah Aspartam Aman…???

Beberapa waktu yang lalu seorang teman saya ada yang menerima SMS mengenai bahaya mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung Aspartam. Kurang lebih SMS-nya seperti ini:

“Informasi dari Ikatan Dokter Indonesia: saat ini ada wabah pengerasan otak atau sum-sum tulang belakang. Jangan minum produk: Extra Joss, M-150, Kopi Susu Gelas, Kiranti, Kratingdaeng, Hemaviton, Neo Hormoviton, Marimas, Frutillo, Segar Sari, Pop Ice, Segar Dingin Vit C, Okki Jelly Drink, Inaco, Gatorade, Nabati, Adem Sari, Naturade Gold, Aqua Splash Fruit, karena mengandung Aspartam (lebih keras dari biang gula), racun yang menyebabkan diabetes, kanker otak, dan bisa mematikan sum-sum tulang belakang. Diteruskan kepada orang yang kita sayangi.”

Karena penasaran, saya pun mencoba mencari tahu tentang kebenarannya. Berdasarkan Press Release dari Badan POM RI No KH.00.01.0800 (12 Februari 2010) tentang Bantahan Atas Berita Terkait dengan Keamanan Aspartam, dinyatakan bahwa:

  1. IDI tidak pernah mengeluarkan pernyataan tersebut.
  2. Aspartam dikategorikan aman berdasarkan keputusan Codex Stan 192-1995 Rev IO th 2009.
  3. Dalam keputusan Codex disebutkan bahwa Aspartam dapat digunakan untuk berbagai jenis makanan dan minuman, antara lain minuman berbasis susu, permen, dan makanan ringan.
  4. Penggunaan Aspartam dalam makanan dan minuman sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dapat digunakan dengan batas masksimum penggunaannya masing-masing.

Aspartam merupakan salah satu pemanis buatan yang diperbolehkan untuk ditambahkan dalam makanan dengan batas maksimal disesuaikan dengan jenis makanan yang diproduksi (berdasarkan Permenkes RI No: 722/Menkes/Per/IX/88 tentang Bahan Tambahan Pangan).

Aspartam merupakan pemanis buatan dari golongan gula non-sakarida yang banyak dipakai untuk produk-produk diet atau produk rendah kalori. Aspartam lebih manis sekitar 180-200 kali daripada gula biasa dengan konsentrasi yang sama. Artinya dengan menggunakan pemanis ini maka kita hanya memerlukan 1/200 kali lebih sedikit aspartam dibanding dengan menggunakan gula biasa. Menurut US Food and Drug Administration (FDA), The Joint Expert Committee on Food Additives (JECFA), Americam Medical association (AMA), The American Council On Sience and Health (ACSH) aspartam merupakan bahan makanan yang aman bagi kesehatan, hanya berpengaruh pada rasa manis.

Aspartam telah dinyatakan aman digunakan baik untuk penderita kencing manis, wanita hamil, wanita menyusui bahkan anak-anak. Pengecualiannya hanya satu, penderita fenilketonuria. Fenilketonuria adalah penyakit di mana penderita tidak dapat memetabolisme fenilalanina secara baik karena tubuh tidak mempunyai enzim yang mengoksida fenilalanina menjadi tirosina dan bisa terjadi kerusakan pada otak anak. Dan karena itu perlu untuk mengontrol asupan fenilalanina yang didapatnya. Penyakit ini tidak pernah ditemukan di Indonesia, tetapi pada orang kulit putih, itupun kejadiannya hanya satu per 15.000 orang. Bukan hanya aspartam, tapi juga segala macam makanan yang mengandung fenilalanina termasuk nasi, daging dan produk susu. Karena itu, pada setiap produk yang mengandung aspartam ada tanda peringatan untuk penderita fenilketonuria bahwa produk yang dikonsumsi tersebut mengandung fenilalanina.

Untuk meningkatkan faktor keamanan dalam penggunaannya, FDA pun memberikan batas-batas pemakaian yang dianjurkan. Istilah yang dipakai adalah Acceptable Daily Intake (ADI) yang berarti asupan harian yang diperbolehkan. Ukuran yang dipergunakan adalah jumlah pemanis per kilogram berat badan per hari yang dapat dikonsumsi secara aman sepanjang hidupnya tanpa menimbulkan risiko. ADI adalah tingkat yang konservatif, yang umumnya menggambarkan jumlah 100 kali lebih kecil dibandingkan tingkat maksimal yang tidak memperlihatkan efek samping dalam penelitian binatang. ADI untuk aspartam adalah 40 mg/kg berat badan.


0 Responses to “Apakah Aspartam Aman…???”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: