04
Oct
10

Obat Diabetes: Rosiglitazon, Ditarik dari Peredaran

Rosiglitazon merupakan antidiabetes oral golongan tiazolindindion. Golongan obat ini bekerja dengan meningkatkan sensitivitas insulin pada otot dan jaringan adiposa dan menghambat glukoneogenesis hepatik. Rosiglitazon  merupakan obat yang biasa digunakan untuk terapi diabetes melitus tipe 2. Rosiglitazon dapat digunakan sendiri atau dikombinasi dengan obat diabetes tipe yang lain, seperti metformin, insulin, sulfonilurea.

Rosiglitazon  di produksi oleh perusahaan farmasi Glaxo Smith Kline (GSK) dengan nama dagang Avandia ini disetujui FDA pada tahun1999 dan menjadi obat pencegah diabetes paling laris di dunia. Namun, penggunaan obat itu berkurang drastis  pada tahun 2007 setelah dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke, yaitu diawali ketika New England Journal of Medicine memuat hasil penelitian Dr. Steven E. Nissen dari Cleveland Clinic, AS – yang menyimpulkan pengguna Avandia sangat rentan terhadap serangan jantung.

Otoritas Obat Dan Makanan Uni Eropa (Emea, European Medicines Agency), terhitung 23 September  2010 menarik dari peredaran obat diabetes Avandia (rosiglitazone) dan tidak memperbolehkan lagi untuk diedarkan di seantero negara Eropa. Pada waktu bersamaan, otoritas serupa di AS (FDA) mengumumkan penggunaan Avandia akan dibatasi secara ketat.

Di AS, Avandia hanya boleh digunakan terhadap penderita diabetes tipe 2 yang bila menggunakan  obat diabetes jenis lain tidak kunjung turun kadar gulanya. Di samping itu pengguna Avandia harus mengerti betul resiko terburuk penggunaan avandia, dan terlebih dahulu menandatangani surat pernyataan tentang hal tersebut sebelum dokter meresepkannya.

Di Indonesia sendiri, sejak tanggal 24 September 2010, izin edar obat yang mengandung rosiglitazon tunggal (Avandia), maupun kombinasinya (Avandamet dan Avandaryl) telah dibekukan oleh Badan POM, dan obat-obat tersebut yang masih ada di pasaran telah ditarik dari peredaran.


0 Responses to “Obat Diabetes: Rosiglitazon, Ditarik dari Peredaran”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: